AYOOO SIAPA YANG MAU PULSA GRATIS BISA KLIK LINK INI UNTUK DAFTAR
Untuk anda ketahui juga ini NO HOAX bila tidak percaya silahkan cari di internet Untuk infonya KLIK DISINI

Search

Makalah Kebugaran Jasmani

Minggu, 02 September 2012

A.   Pengertian  Kebugaran  Jasmani

Kebugaran jasmani adalah kesanggupan tubuh untuk melakukan aktivitas tanpa mengalami kelahan yang berarti. Hal ini hampir sama dengan pengertian kebugaran jasmani yang dikemukakan oleh Sudarno (1992:9) bahwa kebugaran jasmani adalah suatu keadaan saat tubuh mampu menunaikan tugas hariannya dengan baik dan efisien tanpa mengalami kelelahan yang berarti, dan tubuh masih memiliki cadangan tenaga baik untuk mengatasi cadangan mendadak maupun yang darurat.
Pengertian kebugaran jasmani menurut Prof. Sutarman adalah suatu aspek, yaitu aspek fisik dan kebugaran yang menyeluruh (total fitness) yang member kesanggupan kepada seseorang untuk menjalankan hidup yang produktif dan dapat menyesuaikan diri pada tiap pembebanan fisik (physical stress) yang layak. Sedangkan Prof. Soedjatmo Soemowardoyo menyatakan bahwa kesegaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk menyesuaikan fungsi alat tubuhnya dalam batas fisologi terhadap lingkungan (ketinggian, kelembapan suhu, dan sebagainya) dan atau kerja fisik dengan yang cukup efisien tanpa lelah secara berlebihan. Secara umum pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk menjalankan pekerjaan sehari hari dengan ringan dan mudah tanpa merasakan kelelahan yang berarti dan masih mempunyai cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan yang lain.



B.   Konsep Kebugaran Jasmani

Dengan jasmani yang hugar, hidup menjadi semangat danmenyenangkan. Kebugaran jasmani tidak hanya menggambarkankesehatan, tetapilebih merupakan cara mengukur individu melakukan kegiatannya sehari-hari.Ada 3 hal penting dalam kebugaran jasmani, yaitu :
a)      Fisik, berkenaan dengan otot, tulang, dan bagian lemak.
b)     Fungsi Organ, berkenaan dengan efisiensi sistem jantung, pembuluh darah, danpernapasan (paru - paru).
c)     Respon Otot, berkenaan dengan kelenturan, kekuatan, kecapatan, dankelemahan.Berdasarkan konsep kebugaran jasmani tersebut, maka kebugaran jasmaniyang dibutuhkan untuk setiap orang sangat berbeda, tergantung dari sifat tantangan fisik yang dihadapinya. Contohnya, seorang kuli yang setiap hari bekerja memanggulbarang-barang berat, maka ia harus memiliki kekuatan otot, anaerobic power, dayatahan, dan sebagainya yang lebih baik daripada seorang pekerja kantor. Pekerjakantor tidak banyak menguras tenaga, ia hanya membutuhkan buku-buku dari mejake rak buku atau menekan tombol keyboard computer.
Dengan demikian tingkatkebugaran jasmani yang merekan miliki dan mereka butuhkan sangat berbeda. Kerjafisik ataupun latihan dalam jangka pendek misalnya kurang dari 5 menit, belummutlak memerlukan pembakaran dengan terus berlangsung melalui pembakarandengan oksigen.
Dengan demikian, jantung, peredaran darah, dan paru-paru (alatpernapasan) harus giat bekerja untuk menyalurkan oksigen ke bagian-bagian tubuhyang aktif bekerja. Jadi, gerak kerja ataupun latihan yangcukup lama sebenarnyamendorong kerja jantung, peredaran darah, dan paru-paru sehingga dapatmenghasilkan perubahan ke arah yang lebih baik dari keadaan daya tahan tubuh,terutama jantung.Adapun perubahan-perubahan tersebut dinamakan “efek latihan”. Efek latihan ituanatara lain
1.      Alatalat pernapasan bertambah kuat sehingga memungkinkan aliran udara yang cepat kedalam dan keluar paru-paru
2.      Kerja jantung bertambah kuat dan efisien untuk dapat memompakan lebih banyakdarah yang mengandung oksigen pada tiap denyutan.
3.      Peredaran darah menjadi lancar sehingga unsure-unsur gizi makanan dapatdengan mudah disuplai ke seluruh jaringan tubuh
4.      Tegangan (tonus) otot di seluruh tubuh meningkat sehingga menjadi lebih kuat.


C.   Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani


“Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.” Ungkapan itu sangat benar. Tentu saja, karena jika tubuh sehat, Kita akan mampu berpikir dan berbuat apa saja.
Manfaat latihan kebugaran jasmani apa pun bentuknya, pasti membawa nilai-nilai positif. Terlebih, bagi tubuh. Di balik segala macam bentuk olahraga tersebut, apa saja manfaat olahraga itu? Mari kita simak satu per satu manfaat kebugaran jasmani.
1.      Menurunkan Berat Badan dan Mencegah Obesitas
Selain karena zat-zat makanan atau energi berlebih yang tertimbun di dalam tubuh, kegemukan dan obesitas juga bisa terjadi karena tubuh kurang beraktivitas. Itu sebabnya, olahraga merupakan salah satu cara untuk menggerakan tubuh dalam upaya menurunkan berat badan atau menjaga berat badan agar tidak gemuk, apalagi obesitas.

2.      Mencegah Penyakit Jantung
Ketika tubuh berolahraga, aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh dan dari seluruh tubuh ke jantung menjadi lebih cepat daripada saat tubuh diam. Pada saat itu, otot-otot jantung berkontraksi dengan baik. Semakin sering otot jantung dilatih (dengan olahraga), semakin baik pula kinerjanya. Itu artinya, jantung akan terhindar dari berbagai macam penyakit (seperti stroke, serangan jantung, jantung koroner, atau yang lainnya).

3.      Mencegah dan Mengatur Penyakit Diabetes
Pada penyakit diabetes tipe 2, kelainan pada insulin kebanyakan terjadi akibat kegemukan dan obesitas. Jadi, agar tubuh terhindar dari penyakit diabetes tipe 2, hindarilah kegemukan danobesitas.

4.      Meningkatkan Kualitas Kehidupan Seksual
Saat kita terbiasa berolahraga, segala bentuk metabolisme tubuh akan berada pada tingkat yang optimal. Termasuk juga dengan sistem hormon, salah satunya sistem hormon seksual. Perlu diingat, berhubungan seksual juga termasuk olahraga. Hal ini karena pada saat berhubungan seksual, membakar banyak sekali kalori yang ada di dalam tubuh.

5.      Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Tekanan darah tinggi bisa terjadi akibat adanya gangguan kesehatan, termasuk penyakit jantung koroner, stroke, dan gagal jantung. Oleh karena itu, untuk menghindarinya perlu dihindari juga penyakit-penyakit penyebabnya. Olahraga mampu menghindarkan diri dari berbagai penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

6.      MenambahKepintara
Otak yang pintar adalah otak yang sirkulasi oksigennya lancar. Olahraga mampu melancarakan sirkulasi oksigen ke otak. Itu sebabnya, olahraga mampu menjauhkan Anda dari penyakit-penyakit yang melemahkan kerja otak (seperti pikun dan Alzeimer). Dengan kata lain, olahraga akan membuat Anda senantiasa pintar.

7.      Memberi Banyak Energi
Anda tentu heran dengan manfaat yang satu ini. Bagaimana mungkin olahraga yang justru mengeluarkan energi bisa memberi Anda banyak energi? Maksud kalimat di atas sebenarnya mengacu kepada efek setelah Anda berolahraga. Jika tubuh rutin berolahraga, Anda akan bisa tidur nyenyak; berpikir jernih; terhindar dari stres; dan berbagai hal lain yang bisa menguras energi. Ini sama saja memberikan kesempatan bagi tubuh untuk memproduksi banyak energi.

8.      Mengurangi LDL dan Menaikkan HDL
Dalam suatu penelitian disebutkan bahwa jalan kaki atau jogging selama 24 hingga 32 km per minggu mampu menurunkan "lemak jahat" (LDL = Low Density Lipoprotein) dan menaikkan "lemak baik" (HDL = High Density Lipoprotein).

9.      Menurunkan Gejala Depresi Ringan dan Kegelisahan
Saat berolahraga, tubuh Anda akan merasa rileks. Hal ini tentu saja mempengaruhi depresi. Dalam sebuah sumber disebutkan bahwa salah satu penanganan terhadap orang-orang yang mengalami depresi ringan adalah diberi latihan olahraga.

10. Menurunkan Risiko Kanker Tertentu
Dalam suatu penelitian dikatakan bahwa ternyata olahraga dapat menurunkan tingkat risiko kanker tertentu sebesar 30%. Kanker tersebut misalnya saja kanker kolon (usus besar), kanker payudara, kanker paru-paru, dan multiple myeloma (sumsum tulang)
11. Melindungi dari Osteoporosis
Para ahli berpendapat bahwa anak-anak yang banyak bergerak (aktif) akan memiliki tulang yang kuat. Sehingga, mereka terhindar dari risiko osteoporosis (pengeroposan tulang) ketika sudah dewasa.

12. Meningkatkan Citra Diri dan Rasa Percaya Diri
Dalam suatu jurnal psikologi disebutkan bahwa sekecil apa pun olahraga bisa meningkatkan citra diri dan rasa percaya diri pada pelakunya

13. Meningkatkan Mood
Jika anda sedang mengalami kejenuhan atau bete, olahraga adalah salah satu cara yang bisa mengilangkannya. Sebuah studi mengatakan bahwa olahraga aerobic dapat mengurangi ketegangan dan membuat Anda semangat lagi.

14. Membuat Awet Muda
Jika Anda melihat artis Minati Atmanegara, pernahkah Anda penasaran dengan usianya? Di tahun 2011 ini dia berusia 52 tahun. Akan tetapi, jika dilihat dari fisiknya, dia bak seorang ibu yang baru berusia 35 tahun. Hal ini tentu saja karena dia rajin berolahraga. Olahraga membuatnya tampak awet muda.

15. Membuat Anak-anak Selalu Aktif
Dalam suatu penelitian diungkapkan bahwa ternyata orangtua yang rajin berolahraga membuat anak-anaknya selalu aktif dan ceria.






D.   Komponen Kebugaran Jasmani

1)     Kekuatan (Streght)
Kekuatan adalah kemampuan dalam mempergunakan otot untuk menerima beban sewaktu bekerja. Kekuatan otot dapat diraih dari latihan dengan beban berat dan frekuensi sedikit. Kita dapat melatih kekuatan otot lengan dengan latihan angkat beban, jika beban tersebut hanya dapat diangkat 8-12 kali saja. Contoh latihannya adalah sebagai berikut:
Þ    squat jump, melatih kekuatan otot tungkai dan otot perut.
Þ    push up, melatih kekuatan otot lengan.
Þ    sit up, melatih kekuatan otot perut.
Þ    angkat beban, melatih kekuatan otot lengan.
Þ    back up, melatih kekuatan otot perut.

2)     Daya tahan (Endurance)
Daya tahan adalah kemampuan seseorang dalam mempergunakan sistem jantung, paru-paru, dan peredaran darahnya secara efektif dan efisien untuk menjalankan kerja secara terus menerus. Dengan kata lain berhubungan dengan sistem aerobik dalam proses pemenuhan energinya.
Latihan untuk melatih daya tahan adalah kebalikan dari latihan kekuatan. Daya tahan dapat dilatih dengan beban rendah atau kecil, namun dengan frekuensi yang banyak dan dalam durasi waktu yang lama. Contoh latihan untuk daya tahan:
Þ    lari 2,4 km.
Þ    lari 12 menit.
Þ    lari multistage.
Þ    angkat beban dengan berat yang ringan namun dengan repetisi dan set yang banyak.
Þ    lari naik turun bukit.

3)     Daya Otot (Muscular Power)
Daya otot adalah kemampuan seseorang dalam mempergunakan kekuatan maksimum yang dikerahkan dalam waktu sepemdek-pendeknya. Dengan kata lain berhubungan dengan sistem anaerobik dalam proses pemenuhan energinya. Daya otot dapat disebut juga daya ledak otot (explosive power).
Latihan yang dapat melatih daya ledak otot adalah latihan yang bersifat cepat atau berlangsung secepat mungkin. Contohnya:
Þ    vertical jump (meloncat ke atas), melatih daya ledak otot tungkai.
Þ    front jump (meloncat ke depan), melatih daya ledak otot tungkai.
Þ    side jump (meloncat ke samping), melatih daya ledak otot tungkai.

4)     Kecepatan (Speed)
Kecepatan merupakan kemampuan seseorang untuk mengerjakan gerakan berkesinambungan dalam bentuk yang sama dengan waktu sesingkat-singkatnya. Kecepatan sangat dibutuhkan dalam olahraga yang sangat mengandalkan kecepatan, seperti lari pendek 100 m dan lari pendek 200 m.
Kecepatan dalam hal ini lebih mengarah pada kecepatan otot tungkai dalam bekerja. Contoh latihannya adalah
Þ    lari cepat 50 m
Þ    lari cepat 100 m
Þ    lari cepat 200 m

5)     Daya lentur (Flexibility)
Daya lentur adalah efektifitas seseorang dalam menyesuaikan diri untuk segala aktifitas dengan penguluran tubuh yang luas. Contoh latihannya:upperr Body Flexibility Exercises

6)     Kelincahan (Agility),
Kelincahan adalah kemampuan seseorang mengubah posisi di area tertentu, dari depan ke belakang, dari kiri ke kanan atau dari samping ke depan. Olahraga yang sangat mengandalkan kelincahan misalnya bulu tangkis.
Kelincahan dapat dilatih dengan lari cepat dengan jarak sangat dekat, kemudian berganti arah. Contoh latihannya adalah
Þ    lari zig-zag
Þ    lari bolak-balik 5 m
Þ    lari bolak-balik 10 m
Þ    lari angka 8
Þ    kombinasi lari bolak-balik dengan lari zig-zag

7)     Koordinasi (Coordination)
Koordinasi adalah kemampuan seseorang mengintegrasikan berbagai gerakan yang berbeda ke dalam pola gerakan tunggal secara efektif. Contoh latihannya:
memantulkan bola tenis ke tembok dengan tangan kanan kemudian menangkapnya lagi dengan tangan kiri memantulkan bola tenis ke tembok dengan tangan kiri kemudian menangkapnya lagi dengan tangan kanan. melempar ke atas bola tenis dengan tangan kanan, kemudian menangkap kembali dengan tangan kiri melempar ke atas bola tenis dengan tangan kiri, kemudian menangkap kembali dengan tangan kanan



8)     Keseimbangan (Balance)
Keseimbangan merupakan kemampuan seseorang mengendalikan organ-organ syaraf otot sehingga dapat mengendalikan gerakan-gerakan dengan baik dan benar. Senam merupakan salah satu cabang olahraga yang sangan mengandalkan kesimbangan. Contoh latihannya adalah
Þ    berjalan di atas balok kayu selebar 10 cm, sepanjang 10 m
Þ    berdiri dengan satu kaki jinjit
Þ    tubuh membentuk kapal-kapalan
Þ    sikap lilin
Þ    berdiri dengan tangan sebagai sandaran tubuh.

9)     Ketepatan (Accuracy)
Ketepatan adalah kemampuan seseorang untuk mengendalikan gerak-gerak bebas terhadap suatu sasaran. Sepak bola dan bola basket merupakan olahraga yang membutuhkan ketepatan yang baik untuk memasukkan bola ke gawang dengan kaki dan memasukkan bola kek keranjang dengan tangan. Contoh latihannya:
Þ    melempar bola tenis ke tembok, sebelumnya tembok telah diberi sasaran
Þ    untuk lebih spesifik pada cabang bola basket adalah dengan latihan memasukkan bola ke keranjang tepat di bawah ring
Þ    untuk sepak bola dengan latihan menendang bola ke gawang yang dijaga oleh seorang penjaga gawang

10)  Reaksi (Reaction)
Reaksi adalah kemampuan seseorang untuk segera bertindak secepatnya dalam menanggapi rangsangan yang ditimbulkan lewat indera. Contoh latihannya:
menangkap bola tenis yang dilempar ke kanan dan ke kiri oleh orang lain



58 komentar:

  1. sangat membantu saya membuat tugas!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Anonim Terima kasih atas kunjungannya dan komentarnya, mampir lagi yaaa.....

      Hapus
  2. “Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat yang akan mampu berpikir dan berbuat apa saja, diantaranya meraih kesuksesan..
    http://www.tekanini.com/wicakmanoe&id=1

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener gan..
      terima kasih atas kunjungannya...

      berkunjung lagi ya gan...

      Hapus
  3. terimakasih , saya dari bali ! info berguna sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama-sama...
      wihhh jauh bener, saya dari cianjur...

      Hapus
  4. blog nya bagus :)
    tapi maaf gan sebelumnya, menurut saya blog nya terlalu ramai, jadi berat buat diaksesnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok terima kasih gan,
      trima kasi atas masukannya gan

      Hapus
  5. thank's bwt informasinya....

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. ini adalah karya saya sendiri, dikumpulkan dari beberapa sumber, dan say susun menjadi sebuah makalah

      Hapus
  7. maaf sebelumnya gan, minta lisensi buku nya dong gan
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini adalah karya saya sendiri, dikumpulkan dari beberapa sumber, dan saya susun menjadi sebuah makalah, JADI TIDAK ADA LISENSINYA

      Hapus
  8. info yg baik, membantu tugas saya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, terima kasih juga telah berkunjung.......

      Hapus
  9. makasih bang buat tugas saya :)

    -william-

    p.s: MU is the best

    BalasHapus
  10. maunya dibuat langkah-langkah sit up, push up dan sejenisnya itu gimana plus gambarnya buiar lebih lengkap

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya maaf, tidak ada waktu buat kerjainnya gan maaf ya

      Hapus
  11. Setidaknya ini bisa meringankan tugas saya dari pak Didit :3
    Hehe :D

    BalasHapus
  12. Trimakasih ya, blog anda telah meringankan tugas saya :)

    BalasHapus
  13. makasih gan artikel nya ngebantu banget, walaupun kurang gambar tapi isinya udah bagus !.... top lah

    BalasHapus
  14. Keren gan, sesuai dengan tugas gue ^^ makasih banget gan !!

    BalasHapus
  15. makasi ya gan, lumayan membantu tugas kul ane
    ijin copas ya..!!

    BalasHapus
  16. Makasih banyak yah .. :) maaf aqu copas buat tugas .. :D

    BalasHapus
  17. maaf ini dibuat oleh siapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini buatan saya sendiri gan.. dikumpulkan dari berbagai sumber

      Hapus
  18. bagus skali, saya jadi gampang nih buat tugas.... ijin copas y...
    sya dari bali. salam knal

    BalasHapus
  19. Thanks, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  20. maaf kak, sejarahnya gada ye /? .________.v

    BalasHapus
  21. Bagus isinya maas.

    Kalo ada sumbernya lebih baik dicantumkan, itu sangat membantu sekali. Hehe
    Terimakasih Mass, itu sangat membantu.

    BalasHapus
  22. terima kasih kaka,sangat membantu sekali untuk anak sma tugas nya haha

    BalasHapus
  23. makasih mas ruslan :) membantu bingitt :)

    BalasHapus
  24. bagus isinya..
    sangat membantu
    ijin copas ya !!

    BalasHapus
  25. MAKASIH BANYAK GAN

    SANGAT MEMBATU SEKALI

    BalasHapus
  26. Makasih banyak gann ^^
    Izin copas ya....

    BalasHapus
  27. Izin buat tugas yaaa, makasih bang^^

    BalasHapus
  28. ini ukan makalah kalo kamu jadi karyawan disuruh uat makalah kaya gini disuruh ngulangi "mohon diperarui" maaf klo isa dikasih : daftar pustaka,kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, penutup MAKASIH :)

    BalasHapus
  29. boleh minta jarin bikinnya gak kak?

    BalasHapus
  30. makasi.. kumbal balik.. www,makalahkita.com

    BalasHapus